April 12, 2013

Wajib Backup

Bagi yang masih memanfaatkan free hosting untuk ber-elearning, ingatlah selalu untuk mem-backup semua course yang udah dirancang plus semua datanya (data-data mahasiswa + tugas-tugas mereka yang telah diunggah, dan semuanya).

Cara mem-backup cukup mudah, aktifkan dulu course-nya, pilih fitur backup pada site administration (ini tampilan  di mdl2.com, salah satu free hosting Moodle ). Ikuti petunjuk pada tiap langkahnya, setelah selesai unduh-lah file hasil backup-nya. File cadangan course tersebut bisa di-restore jika sewaktu-waktu dibutuhkan.

Seperti yang kualami tadi pagi, mungkin karena makin banyaknya aktifitas online di situs elearning-ku, tiba-tiba tadi pagi gak bisa dibuka dan muncul pesan database error! Cukup lama kucoba-coba, tetap gak bisa, padahal udah terlanjur bikin jadwal unggah tugas yang berlaku mulai kemarin. Akhirnya kubuat lagi situs yang baru, dan me-restore file backup course-ku di situ...alhamdulillah berhasil dan semua data aman.

Cara me-restore juga cukup mudah : buat dulu course baru (sebagai tempat sementara untuk menampung file hasil backup), aktifkan course tersebut, lalu pilih fitur restore pada menu site administration, dan ikuti petunjuk selanjutnya.


Nah..pas aku mau posting tulisan ini (sore hari), iseng kucoba membuka situs elearning yang lama...dan ternyata udah bisa !  Sepertinya lain kali kalo situsnya error dan tidak ada hal yang mendesak, jangan keburu bikin yang baru...tunggu dulu sampe keesekon harinya. Satu hal lagi... mungkin yang lebih aman adalah gak make free hosting terus2an...he he


Update
Berminat membangun elearning gratis? simak caranya di sini

Tidak ada komentar: