Maret 26, 2008

Niteni, Nirokake dan Nambahi

Triple N ajaran Ki Hajar Dewantoro di atas emang sangat manjur untuk menyederhanakan langkah apa yang harus diambil bagi seorang penulis pemula (tunjuk diri)

Niteni = mengamati, mengobservasi
Nirokake = menirukan, mengaplikasikan
Nambahi = menambahkan, memodifikasi

Seperti juga slogan ATM (amati, tiru dan modifikasi) yang pernah kubaca di artikel penulis produktif Romi Satria Wahono, maka sekarang yang kulakukan adalah tahap N yang pertama atau A yaitu Niteni atau Mengamati atau Mengobservasi.
Tahap mengamati yang dimaksud mgk dgn banyak baca artikel, jurnal gratis, buku tugas akhir mahasiswa, juga browsing2 dan baca2 referensi lainnya. setelah dapet banyak inspirasi dari membaca termasuk dari buku bagusnya pak Imam Robandi “becoming the winner” , sekarang waktunya menuangkan ide ke dalam tulisan.

Dari sekian banyak ide ternyata susah juga nentuin topik yg pas. Apalagi mau nulis abstraksinya, pendahuluannya, dan seterusnya. Dan inilah tahap yang sering bikin mandeg. Disela-sela “mandeg” tadi biar gak keterusan maka dituangin dulu uneg2 di blog ini dengan harapan setelah sharing ini bisa dapat feedback dari pembaca blogku (itupun kalo ada yg baca atau nyasar ke-blogku..hehe)

tempatku ngajar skrg ini lagi hangat2nya diminta nulis artikel..selain karena keharusan untuk persyaratan akademik yang dibutuhkan institusi kami saat ini, juga karena teman2 seprofesi mulai “ngeh” bahwa yg namanya dosen mau nggak mau harus nulis, selain tugas utamanya ngajar. Saking kuatnya virus itu sampe2 kayak “demam”... obrolan, browsingan, guyonan semuanya dalam konteks penelitian. Apalagi diruanganku yang emang “penghuninya” pada ngocol jadinya malah ngobrol ngalur ngidul bahas gmn bisa nulis penelitian, jadinya ya gak nulis2, jadinya ya ngomong thok he he...
Tapi lumayan juga ada yg udah nemu topik menarik dan bikin abstraksinya, ada yg udah dlm tahap “reformat” skripsinya dengan rencana pengembangan disana sini, ada yg udah ada ide ngumpulin mahasiswa bimbingannya untuk diajak kolaborasi nulis penelitian dengan topik mereka yang ntar mau dikembangin. 
Padahal kita ditarget bulan depan minimal harus ada 2 penelitian yg udah kelar. Target itu mau gak mau harus dipenuhi disamping menjadi salah satu persyaratan untuk perpanjangan ijin institusi dan persiapan akreditasi, juga karena kami2 ini udah sangat kadaluwarsa gak pernah nulis. #koreksidiri

Tidak ada komentar: