Oktober 02, 2020

Struggling with time management..

Lately, rasanya benar-benar berjibaku dengan manajemen waktu. Melakukan terlalu banyak hal, dan merasa mulai kewalahan. Rasanya seperti orang "yang serba bisa", tapi gak ahli dalam hal apa pun..😅

Menjelang dimulainya semester ganjil kemarin, pe er berjejer-jejer, ber to be to be (kata rekan), "digarap siji-siji.. mari siji-siji".. tapi berdatangan lagi satu per satu. Mengatur serta memprioritaskan semua hal yang "mesti" dan "ingin" dikerjakan, memang membantu bikin lebih nyaman karena merasa dapat mengendalikan pilihan dan produktivitas. "set up alerts to stop and rest, then move on to another job" .. tapi prakteknya juga gak mudah, ada saja gangguan kayak disrupsi hp, lagi gak mood, dan 'alasan-alasan' lainnya hehe.. 

Sekarang kerasa agak landai, dan lagi pingin nulis, jadi langsung cuss .. Nah ini yg jejer-jejer kayak loko belakangan ini .. amanah dalam tim fasilitator elearning Umsida sudah (terimakasih juga buat igi-gtz dan Polsas), laporan monev kkn tangguh kelompok mahasiswa bimbingan sudah (eh kurang satu kali lagi ding), buku ajar sudah, ngisi rps + soal uts uas + kunci jawabannya ke siado sudah.. sekarang lanjut bikin proposal riset, bimbingan pkl, ngajar sambil nyiapin konten di platform elearning Umsida (https://elearning.umsida.ac.id/), 'nyelesain' sebuah kursus online, dan hmm apalagi ya, selain urusan domestik la pastinya, biar keliatan sok hectic gitu, nggaya 😉

Gak kebayang rekan-rekan seprofesi yang dapat amanah lebih banyak dari kampus.. sehat-sehat, semangat, semoga jadi berkah yaa man teman.

Oya simak kegiatan kkn tangguh kelompok kami di instagram @kkn_tangguh16, @kknt17_2020, dan @kkntangguh18/. Di kanal youtube Umsida 1912, juga dapat disimak pembekalan oleh panitia mengenai desain dan mekanisme KKN Tangguh 2020 Umsida yang sangat berbeda dengan tahun sebelumnya karena adanya pandemic; pemberangkatan kkn; serta informasi lainnya terkait program tersebut. Pembekalan oleh panitia dapat disimak di sini https://www.youtube.com/watch?v=tqjc3NeN7nc&t=719s, dan pemberangkatan oleh Wakil Bupati Sidoarjo yang "berpulang" gak lama setelah beliau melepas kkn tangguh itu, dapat disimak di sini https://www.youtube.com/watch?v=WSKzmL1loGI. Rasanya masih segar dalam ingatan pesan beliau, berharap program kampung tangguh-nya pemkab bisa bersinergi dg program kkn tangguh nya Umsida.. semoga beliau husnul khotimah.. aamiiin.

Satu lagi, ada artikel bagus yang masih terkait dengan ke-"mahasiswa"-an, diambil dari https://umsida.ac.id/pesan-wakil-gubernur-jatim-nilai-ip-tiga-koma-tidak-mutlak-menjamin-masa-depan-2/, pesan dari Wakil Gubernur Jatim saat penutupan Fortama (Forum Ta'aruf Maba) Umsida, berikut kutipannya :
 
Jangan berpikir kita selesai kuliah lulus dengan ijasah IP tiga koma, lantas masa depan kita langsung terjamin,” tandas Wakil Gubernur Jawa Timur, Dr Emil Elestianto Dardak MSc dalam acara penutupan Fortama Umsida yang digelar secara virtual, Minggu (28/9)
...
Emil berpesan bahwa seseorang dinilai berdasarkan kualitas yang ditempuh selama perkuliahan. “Jadikanlah lingkungan kampus ini menjadi kesempatan untuk memperdalam pematangan tadi. Karena orang tidak akan hanya melihat IP nya saja. Orang akan melihat apa yang dikerjakan selama kuliah. Apakah ada inovasi, apakah ada kepedulian yang ditunjukkan, seberapa aktif berorganisasi, apakah pernah magang, apakah pernah mengikuti kompetisi, apakah pernah melakukan inisiatif-inisiatif yang luar biasa”.   

So.. buat mahasiswa, asah soft skill (https://uce-indahyanti.blogspot.com/2010/08/sop-kikil-eh-soft-skill.html), selain hard skill-nya ya, dan simak juga artikel menarik lainnya di https://umsida.ac.id/berita/ , serta di majalah kampus (e-khazanah) klik https://umsida.ac.id/ , pada halaman pertama langsung scroll ke bawah, tinggal flip untuk membolak balik e-khazanah nya, selamat membaca..

Finally, alhamdulillah 'ala kulli hal..,jadi inget quote "selelah-lelahnya bekerja, masih lebih lelah menganggur", bener ya, dinikmati saja semua prosesnya, gitu katanya 😇 
Terimakasih Umsida, barokallahu fiikum, untuk semua kesempatan dan kepercayaannya. Afwan, masih ada satu pe er kami yang masih stagnan, rencana studi lanjut bersama tim dosen tetap Informatika yang difasilitasi kampus, sepertinya belum dapat terealisir tahun ini, semoga tahun depan, semoga kami semua mendapatkan yang terbaik.. aamiiin.   

Tidak ada komentar: