Maret 04, 2008

sabai dee



sabai dee... sapaan ini akrab banget di Vientiane ibukota Laos , yg artinya "apa kabar". sapaan lain yg kuingat adalah khob chai yg artinya "terima kasih"

yah..pengalaman ke Vientiane sungguh mengesankan, apalagi saat itu aku & teman2 dalam komunitas elearning IGI (www.igi-alliance.com/eLearning) berkesempatan bisa mengajar...ciee...sssst ini juga krn kebetulan terlibat dlm proyeknya IGI dg GTZ HRD ME Laos untuk pengembangan elearning disana.

tapi awal tiba di Vientien, awal nov 2007 lalu,  kebayang kami kayak mau mendarat di hutan, krn dr atas pesawat sama sekali gak ngeliat gemerlap lampu spt di jkt atau bangkok..ternyata bandara internatioanl Wattay sepi , sederhana banget dan kecil gak kayak bandara international (kayaknya cuma menghubungkan ke negara2 tetangga yg berbatasan langsung spt thailand, china, vietnam, myanmar dan kamboja).

Pak Ben dan Pak Peter yg njemputkami, dan kami agak shock begitu nyampe hotel...kelas melati dan letaknya di jalan kecil yg mirip gang..ternyata saat weekend itu ada festival sungai Mekong jadi banyak turis luar yg dateng ke Vientien dan smua hotel bagus katanya lagi penuh . emang sih letak hotel itu deket banget dengan sungai Mekong bisa dikatakan di pinggirannya , view di malam hari cukup bagus krn sungainya cukup luas dan daratan diseberangnya udah masuk wilayah thailand jd keliatan gemerlap lampu yg berderet gitu, tapi tetep aja gak nyaman suasana di dalam hotel dan fasilitasnya.

untungnya senin udah gak peak season lagi jadi kita bisa pindah ke hotel yg lebih bagus ke Mekong Hotel. hotel kelas melati yg pertama kami tempati namanya Mongkol Hotel yg diplesetin temen2 jadi Mangkel Hotel..krn bikin "mangkel" he he 

Vientien kotanya lengang maklum jumlah penduduknya sedikit banget total seluruh Lao cuma separo jumlah penduduk Jakarta..cuacanya spt Bandung dan kayaknya gak pernah keringatan deh, kotanya unik dgn banyak vihara yg khas kayak di bangkok, view yg bagus di sekitar sungai Mekong, dan banyak bangunan lama bergaya Perancis (Lao bekas jajahan Perancis) ada satu bangunan cantik di Patuxay Park mirip yg ada di Paris (lupa namanya..itu tuh tempat Lady Di yg kecelakaan dulu). 

sepintas keliatan kehidupan masyrakatnya sederhana tapi mobil2 yg berseliweran bagus2, dan posisi kemudi di sebelah kiri, jarang banget ditemui mobil jelek / tua kecuali tuk-tuk (angkutan umumnya)

acara pembukaan training elearning untuk guru2 di Lao ini dihadiri oleh sekretaris III Dubes RI untuk Lao namanya pak Loegeng ...beliau seneng banget ketemu kami yg ke Lao untuk ngajar. malamnya kami diundang ke Kedubes RI di Lao untuk jamuan makan malam sekaligus menghadiri sosialisasi amandemen UUD 45 oleh anggota MPR yg lagi berkunjung ke Lao (kebetulan banget). jadi kami bisa ketemu dg sebagian masy Ind yg ada di Lao plus kangen2an dg masakan Indonesia. alhamdulillah trainingnya juga berjalan lancar, pesertanya semangat2, banyak diantara mereka yg dateng dari jauh (malah ada yg 700 km dari luar provinsi).

remaja di Vientiane lebih "bersahaja" dan masih banyak yg setia make "rok anggun tradisionalnya" yg berbahan spt ulos. agak beda dg kebanyakan remaja di Bangkok - yg kutemui saat menghadiri konferensi elearning tingkat internasioal akhir tahun 2006 lalu- mereka sangat fashionable...
pemandangan itu bisa ditemui dimana2, di kampus, kantor bahkan di pasar2 (nggak bisa dikatakan mall krn selama di Vientien belum pernah nemuin mall yg biasanya banyak menghiasi ibukota).

ada lagi yg unik dgn cara makan masyarakat di sana...pas dlm satu jamuan makan siang di National University Lao...ada 2 bakul nasi yg tampilannya emang agak beda, penasaran kucoba dua2nya eh ternyata selain satunya tuh KETAN... terlanjur ngambil (untungnya cuma dikit) kunikmati aja ketan itu dgn lauk pauk dan sayuran yg tersedia (sayurnya super buanyak dan mentah..rupanya mereka penyuka lalapan spt org sunda..pantes aja kebanyakan cewek2 yg kutemui disana langsing2 he he)
dan yg bikin surprise...mereka dg santainya mengepal2 ketan itu dg tangan kiri sementara tangan kanan meramu sayur dan lauk di piring tersendiri..kemudian mencocol ketan yg udah berubah jadi bola2 kecil tadi ke "ramuan" yg mereka buat lalu "aaem" pake tangan kanan he he

Vientiane..kota kecil yg dialiri sungai mekong yg legendaris itu sangat lengang...nggak ada macet blas! enaknya lagi disana berlaku 3 mata uang : dolar, baht (mata uang thailand) dan kip (mata uang Laos) jadi kalo kehabisan salah satunya gak perlu susah2 cari money changer (lagian disana gak bisa boros koq..tempat cuci matanya terbatas he he)

3 komentar:

Unknown mengatakan...

sabai dee --> apa khabar
kalo orang vientien menyapa kita dengan sapaan itu, dan kita gak ngerti-ngerti, lama lama sapaan itu diganti dengan "capai deeh" :)

Uce Indahyanti mengatakan...

he he iya ya..."capai deeh" kalo gak ngerti2

jokowin mengatakan...

asik yha punya pengalaman ke laos jahe kunire.
pokok e tulis terus pengalamane, cekne ndang rame blog e
sabai dee sabai dee
sabar dik sabar dik.....
sing ora sabar gak oleh adikk e ...