Juni 01, 2014

Kelebihan Pendidikan Vokasi

Bagi calon mahasiswa yang saat ini belum memutuskan mau kuliah dimana, coba simak beberapa informasi berikut ini sebagai bahan pertimbangan :

  • luangkan  waktu untuk mencari tahu jenis-jenis perguruan tinggi (PT) di Indonesia, agar tahu perbedaan universitas, sekolah tinggi, institut, akademi dan politeknik. simak artikel yang membahas hal tersebut di situs resmi DIKTI (http://www.dikti.go.id/id/profil-dikti/sistem-pendidikan-tinggi/)
  • cari perguruan tinggi yang benar-benar legal, semua program studinya telah terakreditasi dan tidak menyelenggarakan kelas jauh (http://www.dikti.go.id/id/info-akademik/kiat-memilih-program-studi/)
  • pengen lebih siap kerja? sebaiknya pilih perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi.
  • apa itu pendidikan vokasi? yaitu pendidikan yang menitikberatkan pada persiapan lulusan untuk mengaplikasikan keahliannya. 
  • banyak perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan vokasi, tetapi pilihlah Politeknik !
  • mengapa Politeknik? karena Politeknik menyelenggarakan pendidikan vokasi dalam berbagai rumpun iptek, yang memberlakukan sistem paket shg lebih menjamin mahasiswanya lulus tepat waktu dan mempunyai jam praktek / praktikum lebih banyak daripada teori.  
Salah satu PTS yang menyelenggarakan pendidikan vokasi adalah Politeknik SAKTI Surabaya (POLSAS), yang merupakan pengembangan dari Sekolah Akhli dan Kejuruan Teknik Industri (SAKTI). Didirikan oleh Yayasan Bina Praktika Manajemen dan Industri - sebuah organisasi nirlaba yang diprakarasai oleh pimpinan PT Bank Pembangunan Indonesia (Persero) dan para pengusaha - pada tahun 1988.  

POLSAS menyelenggarakan Program Diploma 3 Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Komputer dan Administrasi Niaga. Hampir semua program studi tersebut telah terakreditasi B. Kurikulum yang diterapkan berdasarkan kebutuhan industri dan dilaksanakan secara intensif dengan menekankan pada kerja praktek, dilengkapi dengan program magang (on the job training) dan penempatan kerja.

Kampusnya terletak di Jl. Jemursari Selatan IV No. 3 Surabaya (031-8494568), menempati lahan milik sendiri seluas 8.080 m2, yang dilengkapi dengan bengkel las, bengkel mesin perkakas, bengkel otomotif, laboratorium komputer, laboratorium PLC, bengkel elektronika, laboratorium simulasi bisnis, dan laboratorium Bahasa Inggris. Dan yang gak kalah penting....biaya kuliahnya sangat bersaing serta membuka kelas malam untuk para karyawan.

Untuk sekolah menengah vokasi, terutama bagi siswa yang mempunyai minat dan bakat di bidang IT, cobalah tengok SMK Telkom Malang.  Dengan berbagai pertimbangan, kami juga memilih sekolah itu untuk kelanjutan studi putra sulung kami setelah lulus dari SMP IT Darul Fikri Sidoarjo pertengahan Juni ini.... insya Allah.

Ada yang menarik dalam presentasi yang mereka paparkan saat tes wawancara kemarin lusa. "Intelligence plus caracter = True Education", hal itu diterapkan dalam kurikulum mereka yang sepertinya komplit (hard skills+soft skills dengan durasi pelajaran sekitar 55 jam perminggu plus ada project expo / project work pertahunnya).

Muatan hard skills terdiri dari kelompok mapel wajib, dasar keahlian, paket keahlian (teknik komputer jaringan, rekayasa perangkat lunak, multimedia, sistem telekomunikasi), ekskul, sampai dengan praktek kerja industri (prakerin selama 3 bulan disebar ke 73 industri). Sedangkan untuk muatan soft skills, rupanya mereka berkomitmen mewujudkan praktek nyatanya, hal itu nampak pada attitude siswa2nya, salah satu siswa bahkan tdk segan membantu kami mencari tempat kos di sekitar sekolah, semua guru dan petugas sekolah bahkan bapak2 satpam-nya juga ramah dan sigap melayani semua tamu.

Hal lain yang melegakan kami adalah saat wawancara, mereka menjelaskan akan memonitor secara kontinyu kehadiran siswa, menelpon hp ortu jika putra/i-nya absen tanpa keterangan, karena siswa2nya banyak yang berasal dari luar daerah maka mereka juga memonitor secara berkala tempat kos siswa2nya (terutama menyangkut 'virus' game online), mereka juga lebih menyarankan siswanya naik sepeda ontel ke sekolah, memberlakukan dengan ketat pemakaian sepeda motor (belum memiliki SIM = tidak boleh bawa sepeda motor ke sekolah), dan bagi siswa muslim dirutinkan membaca asmaul husna & sholat duha sebelum memulai pelajaran serta wajib mengikuti ekskul baca tulis Al Qur'an (bagi yang belum bisa) dan tafsir Al Qur'an (bagi yg sdh bisa). 

Jadi ...  selamat mempertimbangkan dan memilih sekolah vokasi ! 


1 komentar:

kiki hariwardhani mengatakan...

Assalamualaikum, Mbak Uce.... Salam kenal
Blog nya sangat bermanfaat bagi kami para orang tua yang sedang kebingungan mencari PTS Swasta yang biayanya sesuai dengan kemampuan kami namun kurikulumnya bisa dipertanggung jawabkan.
Semoga ada lagi ulasan-ulasan yang lain setelah ini.....
Sukses selalu