Maret 25, 2020

Elearning Booming Indeed...

Judul itu terinspirasi dari Bu Junita-GIZ .. ya elearning, yang lagi booming dampak dari #WFH, serasa blessing behind disaster.. hikmah di balik pandemi corona 😊

Kebijakan belajar dan kerja dari rumah bikin orang makin aware manfaatnya elearning dan seputar teknologi informasi di dalamnya. Kuliah online, meeting online, video conference, webinar-an, sidang skripsi online, dan online2 lainnya banyak yang manfaatin berbagai macam aplikasi seperti gotomeeting, join.me, clickmeeting, skype, teamlink,aplikasi sejenis yg dikembangkan google (hangouts, meet, duo), zoom, cisco webex, vc sederhana pakai whatsappkeynote for Mac, jitsi (open source), dan banyak pilihan lainnya.

Belajar dan kerja juga ada yang dilanjutin melalui forum diskusi (blended pake synchronous dan asynchronous) di platform elearning masing-masing institusi. Anak-anak juga tambah wawasan dan melek IT, mulai dari ngirim tugas pake google form, jadi tahu jalannya rapat lewat meeting online ortunya, sampai ngerjain kuis online yg bisa lgs tampil score-nya yg kata cucu ponakanku berasa kayak main game brain out hehe... Elearning beneran jadi booming - terimakasih IGI-GTZ, yg telah lama mengenalkan elearning pada kami. Terimakasih juga Umsida yg telah serius menyiapkan platform elearning berbasis Moodle (elearning.umsida.ac.id) sehingga pembelajaran online jadi lebih optimal.

'Efek sampingnya' mahasiswa dan siswa jadi banyak curhat lewat meme dan video lucu yg mereka unggah ke medsos, masalah beban kuota dan tugas yg mesti mereka selesaikan. Hmmm.. mesti bijak memang menyikapi ini, tapi kira2 mereka bakalan sambat nggak ya kalo unt nge-game :) , dan untuk guru / dosen juga perlu evaluasi diri dalam memberikan tugas, dikondisikan durasi dan frekuensi yang tidak memberatkan, plus disiapkan forum diskusi (nunjuk diri juga hehe..).

'Berkah lainnya', bagiku yang habis operasi usus buntu 5 maret lalu, #WFH ini juga membawa berkah tersendiri, rehatnya bisa lebih lama, dan alhamdulillah telah pulih. Tapi kini sudah kangen banget bisa ke kampus, ngajar langsung di kelas / lab, pesan tahu telor dan jus di kantin kampus, jalan2 silaturahmi, ngadem sambil tadabbur alam2 yg ijo2, kangen mudik, dan kangen banyak lainnya... 

Semoga si corona segera 'pulang ke rumahnya', terimakasih untuk pembelajaran mahal yang telah 'kau' berikan sehingga kami lebih menyadari banyak hal yg selama ini sering terabaikan. Semoga semuanya segera kondusif jelang Ramadhan ini, termasuk pasokan sembako tentunya, sehat2 semuanya ya.. aamiiin. Setelah semua ikhtiar terbaik kita lakukan, dan banyak doa, akhirnya hanya pada Allah kita berserah.. bismillahi tawakkaltu, hasbunallah wa nikmal wakil, laa haula wa la quwwatta illah billah...

note:
  • dari pengalaman pake google meet (g-meet) selama beberapa minggu ini, cukup stabil kuliah online (live streaming) dengan lebih dari 30 peserta, tergantung juga sama koneksi dan listrik yg gak tiba2 padam, antisipasi dg metode asynchronous - yg tdk real-time, srg2 nyimpen, dan antisipasi lainnya jika listrik tiba2 padam. Live presentation atau presentasi online kita bisa direkam, g-meet akan mengunggah hasil rekamannya secara otomatis ke g-drive, jadi kita bisa berikan link upload (diatur share link - view) ke mahasiswa agar mereka bisa unduh atau menyimaknya kapanpun dan dimanapun (bukan live streaming, shg bisa lbh menghemat kuota data).
  • panduan  menggunakan google meet yg sudah sy update bisa diunduh gratis pd link ini https://drive.google.com/file/d/1y923-8qmM1B8PIrs8Qhy0Ot-Q9WlNR1F/view?usp=sharing untuk menyiapkan kuliah atau rapat online, baik unt bikin live presentation (asynchronous) maupun yg live streaming (synchronous). Bisa juga dimanfaatkan mahasiswa atau karyawan unt ngundang tmn2 sejawat mengerjakan tugas kuliah berkelompok atau kerjaan kantor.  
  • dan bagi yg ingin tahu lebih lanjut apa dan gimana cara bikin elearning pake free hosting, bisa klik alamat ini https://algol.gnomio.com/ , pilih course "Membangun E-learning Gratis" , dan login sebagai Guest  ya .. berikut salah satu tampilan materinya.. 


semoga bermanfaat..

Tidak ada komentar: