Juli 19, 2011

Malam Pertama

Sulit sekali mejamkan mata tadi malam, sedih & gelisah gak karuan ... ternyata berat banget melewati malam itu tanpa anak sulung-ku Fadhil.Padahal sebelumnya dia juga sering diajak camping oleh sekolahnya atau mengikuti pondok Ramadhan, tapi kali ini rasanya beda, semalam adalah malam pertama Fadhil tidur di asrama sekolah barunya (SMPIT Darul Fikri-Sda).

Dan kayaknya suamiku juga merasakan hal yg sama,tp mgk untuk menguatkan hatiku dia berusaha tdk menampakkan perasaannya dan meyakinkanku bhw si sulung baik2 saja dan mgk udah lelap saat itu. Aku terus berdzikir sambil berusaha menghilangkan bayangannya dari mataku, tapi susah banget.Keinget malam2 sebelumnya yg terbiasa tidur rame2, crita2 sebelum benar2 terlelap, bahkan bisa2 bangun lagi krn Fadhil minta ditemenin ngemil, minum susu ato bahkan maem lagi tengah malam.

Siang kemarin pas ngelepas dia di asrama sekolah barunya sih gak begitu kerasa sedihnya, karena ngeliat dia antusias bantuin aku nata perlengkapannya ke lemari sambil bercanda dengan Hira, adik kesayangannya. Beberapa teman akrab dari SD-nya juga sekamar ditambah kakak kelas yang cukup hangat membantu ngecek daftar perlengkapannya membuatku agak ayem.

Di sisi lain ada masalah yg bikin kepikiran,ternyata semua siswa baru akan dilatih nyuci baju seragam mereka sendiri, bukan hanya bersih2 kamar dan hal2 mandiri lainnya. Gak kebayang sulung-ku nyuci baju seragamnya yang cukup berat, bukan sekedar pakaian dalam, kaos kaki ato kain yg ringan2. Padahal aku udah setting sebelumnya untuk ngambil baju2 kotornya tiap akhir pekan. Kucoba meyakinkan diriku bahwa dia pasti bisa segera belajar & beradaptasi dengan kondisi itu, sambil berharap mudah2an ustadz pengasuh asrama, teman2 sekamarnya yg juga senasib dan kakak kelasnya yang telah melakoni hal yg sama, dapat memberi motivasi pada dia.

Pagi2 kutelpon tetangga baikku sekaligus ibu teman sekamar Fadhil, curhat sedikit pada beliau yang telah berpengalaman sebelumnya masukin putra pertamanya ke sekolah dengan sistem boarding, dan adem rasanya setelah denger pencerahan dari beliau.

Duh...praktek memang tak semudah teorinya. Teorinya pengen banget si sulung bisa mandiri sekaligus menjaga "puzzle" yang udah terbentuk dari SDIT-nya dulu, tapi prakteknya cukup berat...ya mesti kuat dan sabar jalani sistem boarding ini.

Semoga anakku dimudahkan melalui masa adaptasi di asrama barunya...Aamiiin

Tidak ada komentar: