Mei 30, 2016

Dosen Berprestasi ...

Menarik membaca tulisan dari salah satu teman dosen sebuah PTS di Malang yang dibagi di salah satu grup wa-ku. Tulisan tentang kesan beliau saat menghadiri undangan Kopertis VII dalam acara Dosen Berprestasi Kopertis VII Tahun 2016 minggu lalu.

Pak Fourry namanya, salah satu peserta dosen berprestasi (dospres) 2016 Kopertis Wilayah VII membagikan tulisannya yang cukup menginspirasi sekaligus menyadarkan kami - sebagai sesama dosen - bahwa di luar sana ada beberapa dosen bahkan cukup banyak yang pencapaiannya telah cukup jauh... wah sangat banyak ketinggalan nih. Dan berikut kutipan tulisannya (sudah sedikit diedit agar lebih mudah membacanya) :

".... kegiatan ini memang diikuti Dosen yang punya prestasi. Bahkan yang sudah pernah jadi juara 2 dan 3, ditahun lalu dan sudah lolos 10 besar Nasional, masih boleh ikut lagi, (kecuali yg juara 1). Seperti 2 orang peserta yg kemarin tampil presentasi.
Catatan saya,  bagi Dosen yg akan tampil, perlu memperhatikan hal-hal berikut : 1). Diseleksi dari Internal yang bagus, karena kemampuan tri dharma nya dan Bahasa Inggris harus lengkap dan seimbang. 2). Menyiapkan presentasi yang bisa menunjukkan siapa kita seutuhnya. 3). Karya Unggulan kita (roadmap) harus sudah terbangun dengan baik,  serta jelas bagaimana pencapainnya. 4). Potret 3 tahun yang membuktikan bahwa kita telah mendapatkan pencapaian 3 poin diatas.
Sebab kita akan saling berhadapan dengan Dosen-dosen yang  established Tri dharma nya. Mendapatkan pengakuan internasional,  H-index 10 (kemarin ada 4-5 orang yg H-index antara 5-10). Mendapatkan Riset Funding dari dalam dan luar negeri,  melakukan kolaborasi Riset Internasional, Abdimas Rutin,  Reviewer Internasional, dll. Dan tidak dinilai dari 1 sisi,  tapi paket lengkap. Nah, maka kalau mau disiapkan dari sekarang, Carefully-Crafted peace by peace, Insya Allah bisa. Good luck,  selamat mencoba. Acara ini sangat menyenangkan, menurut kami tidak ada yg kalah, semua menang, karena semua yg hadir mendapatkan pencerahan dan teman baru. Dengan semakin banyak yang ikut, Semoga Kopertis 7 juga akan mendapatkan Talenta terbaik dan menjadi Jawara Nasional. Amin .... ".

Selamat ya Pak, dan terimakasih sudah mengijinkan tulisannya dikutip di sini :)

Hmmm....memang membanggakan jika membaca profil-profil dospres, seperti profil 3 dospres tingkat nasional tahun 2015 yang dimuat di http://www.savioo.com/campus/inilah-3-sosok-dosen-berprestasi-tanah-air-yang-dapat-kamu-jadikan-panutan/ . Berurutan mulai dari juara 1, 2, 3 ... mereka adalah Budi Wiweko dari  Fak. Kedokteran UI, Deendarlianto dari Fak. Teknik UGM, dan Andri Dian Nugroho dari Fak. Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB.

Ketiganya memiliki keunggulan masing-masing, semuanya meliputi paket yang komplit plit di bidang pendidikan, penelitian, pengabdian masyarakat, dan kegiatan penunjang lainnya. Ditambah prestasi-prestasi unggul termasuk penghargaan dari dalam dan luar negeri, dan yang pasti mereka sudah menyumbangkan tenaga dan pikirannya demi kemajuan bangsa dalam berbagai bidang... Masya Allah.

Semoga bermanfaat ... 

Tidak ada komentar: