Maret 22, 2011

Buku digital berbasis web

Untuk kesekian kalinya aku mendapat kesempatan memberikan pelatihan pembuatan modul pembelajaran berbasis web (web content atau bahasa sederhananya “buku digital berbasis web”) pakai eXe.

Tepatnya eXelearning, sebuah aplikasi open source untuk membuat dan mem-publish web content yang fitur2nya dirancang khusus untuk pembelajaran. Mendapatkan eXe dan instalasinya cukup mudah, sebelumnya pastikan dulu sudah terinstal web browser FireFox (keterangan lengkap bisa lihat di http://wikieducator.org/Online_manual).

Di eXe terdapat fasilitas outline yg sangat membantu untuk membuat kerangka materi (seperti Daftar Isi), dan untuk fitur2nya terdapat di bagian iDevices mulai dari Free Text (di dalamnya bisa insert gambar, klip audio/video, hasil flash, dll), Objective, Case Study, Reflection, Reading ACtivity, External Web Site, RSS, Wiki ARticel, macam-macam kuis seperti Multi Select, Multi Choice, True/False Question, SCORM Quiz, dll. Hasil eXe dapat di-export langsung ke web site (berupa HTML) atau dlm bentuk SCORM shg bisa dipasang pada platform LMS manapun.

Pelatihan kali ini, aku bertemu teman-teman guru dari SMAN 22 Surabaya, yang ternyata beberapa dari mereka adalah penyuka IT dan sudah utak atik aplikasi2 yg berkaitan dgn multimedia pembelajaran seperti A4Desk, dll.
Mereka juga sangat antusias ngikutin tiap materi dan latihan2 yang kuberikan, dan malah di hari kedua udah ada peserta yg sharing pengalaman & masalah dlm hal instalasi dan implementasi tiap iDevices eXe-nya. Di sesi terakhir sempat kuberikan sekilas tentang Moodle, salah satu platform LMS (Learning Management System) opensource, yang berfungsi untuk membuat dan mengelola kelas virtual sekaligus tempat untuk “meletakkan” buku digital hasil eXe (dalam format SCORM – standar untuk konten eLearning)maupun konten digital lainnya.

Alhamdulillah pelatihan eXe angkatan pertama berjalan lancar dibantu teman2 satu tim pelatihan. Dan senangnya, beberapa hari setelah pelatihan mendapat sms dari Bu Neny salah satu peserta yg kasih info bhw eXe di laptopnya udah bisa ngeload setelah beliau coba betulin masalah instalasi adobe flash di host windows32-nya. Dari diskusi dg teman sekantor, solusi lain yang bisa dicoba jika eXe ngeload-nya lama adalah cek aplikasi-aplikasi di list StarUp-nya System Configuration (run dgn ketik msconfig di command prompt),kemudian hilangkan centangnya jika aplikasi tsb jarang sekali dipakai, cek juga mgk kena virus, kapasitas RAM & HD, atau restart saja he he

Di sisi lain, sebenarnya merasa terbebani, krn aku dan beberapa teman SAKTI yang pernah mendapat kesempatan mengikuti workshop eLearning dari IGI beberapa tahun lalu, belum berhasil membangun dan mengelola eLearning secara terintegrasi di lingkungan SAKTI. Sementara baru berupa kumpulan2 dari web content beberapa pengajar yang belum terupload ke LMS di server khusus untuk elearning yg telah tersedia. Syukurlah masih ada beberapa pengajar yg berinisiatif membuat sendiri kelas virtualnya baik secara local host maupun lewat free hosting Moodle di http://www.keytoschool.com/

Apapun, aku ingin sampaikan lagi makasih banyak untuk komunitas lawasku yg saat ini lagi vakum.... ihik...di www.igi-alliance.com/eLearning, untuk semua ilmu & sharingnya, yang sampai saat ini masih bisa kutularkan ke teman2 pengajar dari berbagai tempat, makasih banyak juga untuk semua teman2 dan manajemen SAKTI, serta untuk teman kuliahku yg udah share aplikasi HyperSnap-nya yg sangat membantuku dlm pembuatan slide presentasi & modul untuk bahan ajar & pelatihan.

Tidak ada komentar: