Mei 01, 2011

Dibalik sukses Grand Livina sampai mak nyus-nya makan siang a la hotel berbintang di Googlepex

Gara2 nyari referensi untuk ngerjain tugas Strategi & Kebijakan IT, jadi nemu tulisan menarik “On Managing People, Strategy and Mindset” by Yodhia Antariksa di www.strategimanajemen.net

Sebuah tulisan yang mengulas peran CEO dalam proses pengembangan kinerja SDM, dan mana yang pertama kali harus diplih : employee satisfaction atau customer satisfaction?

Bahwa pada setiap great organization selalu digerakkan oleh para great people, dipaparkan dalam contoh-contoh kesuksesan beberapa perusahaan “world class” seperti Apple dengan figur unik sang pendirinya - Steve Jobs, Singapore Airlines dengan strategi Singapore Girl-nya, revolusi manajemen di Nissan oleh Carlos Ghosn yang sukses berat berkolaborasi dengan Shiro Nakamura untuk produk Grand LIvina & Nissan X-trail nya, sampai bagaimana Lary Page dan Sergey Brin- dua anak muda pendiri Google memanjakan karyawannya.

Nah tulisan tentang fasilitas untuk karyawan Google ini nih yang bikin ngiler... manajemen Google menyediakan sebelas kafe/restauran di lingkungan kantor pusat mereka di Mountain View, California (mereka menyebutnya Googleplex), maupun di kantor cabang google lainnya, semuanya disajikan gratis untuk karyawannya, mulai dari sajian steak khas Eropa, Sushi a la Jepang, hingga sajian Chinese Food yang menggoda. Semuanya dimasak oleh chef kelas dunia dan pastinya .....mak nyus

Belum lagi fasilitas gym lengkap dengan para pemandunya, kolam renang yang luas, arena bowling, lapangan volley pantai, home-theater yang asyik, perpustakaan lengkap nan nyaman, fasilitas otoped untuk berjalan dari satu ruang ke ruang lainnya, fasilitas laundry, bengkel dan cuci mobil, serta ruangan spa dimana mereka bisa leyeh-leyeh setelah letih seharian lembur kerja. Satu lagi, manajemen Google juga menyediakan semacam “personal assistant” bagi seluruh pekerjanya. Jadi jika ada karyawan Google yang ingin berlibur ke luar negeri, mereka tinggal kontak personal assistant ini. Orang inilah yang akan mengurus semuanya : mulai dari pesan tiket pesawat, booking hotel, merancang acara liburan hingga membuatkan daftar oleh-oleh yang layak dibeli....benar-benar employee satisfaction !!


(pengingat untuk diriku sendiri & pembaca:
mudah2an tulisan ini gak bikin kita jadi keblinger meraih kenikmatan duniawi , tetep inget bhw "dunia cukup digenggaman tangan, bukan untuk dimasukkan ke hati")

Tidak ada komentar: