Mei 06, 2019

Imtihan ke-2

Gak kerasa, sembilan tahun lalu, tepatnya 15 Mei 2010, si sulung imtihan al qur'an (https://uce-indahyanti.blogspot.com/2010/05/imtihan-metode-ummi.html). Alhamdulillah sabtu kemarin, 04 mei 2019, giliran si bungsu juga imtihan al qur'an. Keduanya telah tersertifikasi bacaan qur'annya dengan metode Ummi. Jika dulu saat si sulung masih di InKa, Ustadz Iswahyudi jadi koordinator al qur'an-nya, maka kini beliau pengujinya (setelah mengabdi di InKa, beliau bergabung di Ummi Foundation, sudah cukup lama ternyata) .. Barokallahu Ustadz Is.

Prosesi imtihan berjalan lancar, cukup khusyuk, dan mengharukan.. bahkan dalam beberapa sesi juga menguras airmata ayah bunda, seperti dalam sesi pembacaan al qur'an berjamaah, pembacaan puisi untuk ayah bunda, dan sesi pas semua ananda diminta untuk turun panggung memeluk ayah bundanya untuk memasangkan 'mahkota' serta minta didoakan.. jadi mengharu biru.. semoga mahkota yang sebenarnya dapat dipasangkan pada ibu bapak kelak di akhirat ya nak.. aamiiin.
Imtihan kali ini berdekatan dengan awal ramadhan, sebuah momen yang pas dan dijadikan pengingat oleh Ka. YPIT InKa untuk memotivasi diri menjadi penghafal al qur'an, bukan sekedar hafal al qur'an. Orientasi keduanya beda, penghafal al qur'an berarti selalu istiqomah membersamai al qur'an. Mulai dari membaca - mentadabburi - berusaha menghafalkan - sampai mengamalkan isi al qur'an hingga ajal menjemput. Sambutan salah satu pejabat pengawas sekolah yang diundang dan hadir saat itu, juga memberikan penguatan, bahwa ada literasi dasar yang lebih dibutuhkan umat muslim, yaitu literasi al qur'an. Selain 6 dasar literasi yg ditetapkan pemerintah : yaitu literasi baca tulis, numerasi, sains, finansial, digital, dan budaya kewargaan (https://www.kompasiana.com/omank/5a83a394dcad5b29f823ffe2/inilah-6-literasi-dasar-yang-perlu-anda-katahui?page=all)..wallahu a'lam. Selain itu, beliau juga merekomendasikan InKa sebagai tempat yang representatif dalam pendidikan anak2 terutama dalam hal akidah dan ahlak islami, alhamdulillah, barokallah.. semoga InKa selalu amanah.. aamiiin.

Acara khataman dan imtihan di InKa sabtu kemarin juga masih diwarnai pembelajaran zero waste, hampir semua undangan membawa kotak snack dan tumbler, jikapun ada yg tidak membawa, panitia telah menyiapkan snack yg dipincuk dengan daun pisang. Di akhir acara juga diingatkan lagi oleh MC untuk tidak meninggalkan sampah di sekitar tempat duduk masing-masing..alhamdulillah. Baca juga zero waste di InKa sebelumnya
(https://uce-indahyanti.blogspot.com/2019/04/parenting-plus-zero-waste.html) .. semoga istiqomah.

Jazaakumullahu khoir untuk YPIT InKa, semua panitia, dan untuk semua Ustadz & Ustadzah yang telah sabar mendidik dan mengawal pendidikan ananda di sekolah, terutama dalam proses ananda membersamai al qur'an.. Barokallahu fiikum.

Marhaban ya Ramadhan.. alhamdulillah hari pertama puasa kali ini disiram hujan, terasa sejuk dan damai.. allahumma shoyyiban naafi'an. Walau kemarin (tepat sebelum ramadhan tiba) sempet ada sedikit 'tragedi' di rumah, tapi semoga ada hikmahnya, menjadi pembelajaran berharga buat kami sekeluarga. Semoga lancar dan khusyuk amal ibadah kita selama bulan ramadhan ini, diterima oleh Allah, dan kita dipertemukan kembali dengan ramadhan tahun depan.. aamiiin aamiiin aamiiin ya Robb.

Tidak ada komentar: