November 13, 2020

FLS ToT CDL - USAID YEP Project

Financial Life Skills Training of Trainers for Creative Distance Learning .. itu kepanjangannya.

FLS ToT CDL merupakan program pelatihan literasi keuangan dan ketrampilan hidup yang diselenggarakan oleh USAID – YouthWin through Economic Participation Project (USAID YEP Project). Simak profil selengkapnya di sini https://youthwinner.org 

Yup, tanggal 5 - 8 Nopember lalu, alhamdulillah mendapat kesempatan mengikuti pelatihan tersebut bersama beberapa rekan UMSIDA. Mengutip redaksi pengantar surat undangannya : 

"FLS ToT CDL - merupakan bagian dari Program Pengembangan Profesi Pelatih FLS (FLS Educators’ Professional Development Program – FLS EPDP) untuk memperkuat keterampilan pelatih dalam memberikan Pelatihan Keterampilan Hidup Berbasis Keuangan (Financial Life Skills – FLS) dengan metode kelas pelatihan dalam jaringan, khususnya untuk mendukung perluasan jangkauan Pelatihan FLS bagi kaum muda Jawa TimurPara peserta terundang diwajibkan untuk memenuhi komitmen yang menjadi pra-syarat untuk berpartisipasi dalam program ini, termasuk mengikuti seluruh kegiatan yang diselenggarakan pada FLS TOT-CDL dan mengimplementasikan FLS Online Learning untuk minimum 140 kaum muda Jawa Timur melalui + 7 kelas FLS Online Learning setelah mengikuti FLS TOT-CDL".

Pelatihan ketrampilan hidup (soft skill) berbasis keuangan tentu dibutuhkan sebagai bekal kaum muda dalam menapaki kehidupan yang sesungguhnya. Kaum muda yang dilatih oleh USAID YEP meliputi mahasiswa yang bekerja paruh atau penuh waktu, alumni, wirausaha muda, pekerja muda, dan komunitas kaum muda tertentu dari mitra USAID YEP (lembaga atau organisasi yang menjalin kerjasama dengan USAID YEP). Oya simak juga ulasan soft skill lainnya di sini : https://uce-indahyanti.blogspot.com/2010/08/sop-kikil-eh-soft-skill.html

Pelatihan selama 4 hari dari pagi sampe sore itu berjalan lancar, walau sempet hanya bisa menyimak sambil berbaring karena vertigo lagi kambuh di hari kedua, alhamdulillah di hari-hari berikutnya bisa berinteraksi dan full nyalain kamera (ini diwajibkan πŸ˜…). Nah ini uraian ringkas hasil ToT nya :

  • Pelatihan diikuti oleh sekitar 25 peserta, fasilitator, lead trainer, dan tim monev USAID YEP.
  • FLS ToT ini bersifat modular, artinya tidak semua modul FLS didemokan, dari 14 modul FLS hanya 4 modul yang didemokan oleh fasilitator + 1 oleh kelompok microteaching. Menariknya, semua modul FLS saling terkait dan terintegrasi.
  • Modul yang didemokan fasilitator adalah : Menjadi Orang Yang Bertanggung Jawab, Berpikir Kritis Dalam Mengambil Keputusan, Membuat Anggaran & Mengelola Keuangan, Kebiasaan Menunda Pekerjaan, dan modul Komunikasi Positif yang didemokan salah satu kelompok microteaching.
  • Metode yang digunakan dalam ToT tersebut adalah metode ELC (Experiential Learning Cycle) dan sangat partifipatif, yang tentunya sesuai untuk pembelajaran orang dewasa.
  • Sesi perkenalan antar peserta, fasilitator, dan tim USAID YEP dikemas menarik di awal pelatihan. Lebih akrab rasanya dengan mereka semua, bukan sekedar nambah kenalan dan jejaring.
  • Pengenalan struktur modul FLS, rencana dan tujuan sesi, bridging sentence, visual aids, energizer / ice breaking, dan lainnya yang menginspirasi.
  • Tiga ketrampilan yang diajarkan ini : mendengar, bertanya, dan menyimpulkan; sangat membantu “membungkus” hasil pembelajaran (learning point).
  • Metode PACED (problem - alternative - criteria - evaluate - decision) dalam pengambilan keputusan terutama yang terkait keuangan, belajar juga tentang opportunity cost.
  • Metode PITG (penting - ingin - tidak penting - goal) dalam pengelolaan waktu dan penentuan skala prioritas pekerjaan. Jadi inget postingan yang lalu tentang manajemen waktu, simak juga ini ya http://uce-indahyanti.blogspot.com/2020/10/struggling-with-time-management.html
  • Video, kartu, kertas kerja, aplikasi, dan alat bantu lainnya yang digunakan sangat menarik, dan sangat membantu dalam menyampaikan materi, studi kasus, dan pesan moral.
  • Sesi microteaching yang seru dalam kelompok kecil; dilanjutkan refleksi dan feedback (hasil observasi oleh peserta lainnya). 
  • Pengenalan alat-alat ukur pelatihan berupa form profil, exit card, pre – post test, survey kepuasan, dan rencana aksi.
  • Explorasi fitur-fitur aplikasi vicon Zoom, termasuk memanfaatkan fitur annotate untuk menggambar obyek tertentu secara keroyokan alias kolabarasi antar peserta.. seru juga 😊
  • Explorasi website USAID YEP (https://youthwinner.org/), dan pengenalan MEDS (monitoring evaluation database system) serta pembuatan akun-nya. 
Selanjutnya, peserta ToT batch 3 (#RC3) ini wajib mengikuti serangkaian proses yang disiapkan oleh USAID YEP terlebih dahulu, sebelum dapat melatih para kaum muda. Dimulai dari coaching & mentoring, melatih beberapa kali secara tandem bersama kakak kelas (#RC2) sebagai co trainer dan sebagai lead trainer, dan melatih dengan trainer #RC3.

Dan hari ini, 13 Nopember 2020, secara resmi ditanda tangani kerjasama antara UMSIDA dengan USAID YEP (Ibu Rini Amidjono - COP USAID YEP hadir langsung secara daring), dilanjutkan dengan FLS online training batch 1 untuk mahasiswa UMSIDA.Semoga sukses..




Finally.. terimakasih kepada fasilitator (Bu Rini Wahyu & Pak Sugeng), Bu Rolly - Bu Nina - Mbak Nadia - Mbak Nindy - Mbak Fammy - Mbak Laras dan semua tim USAID YEP, rekan-rekan peserta, serta UMSIDA yang telah memberikan kesempatan pada kami mengikuti FLS ToT tersebut. Barokallahu fiikum.. πŸ˜‡


Update Maret 2021

Alhamdulillah .. mission complete. Telah terlaksana FLS online training gratis 35 batch yang diikuti 1000 an peserta (mahasiswa & alumni UMSIDA). Terimakasih USAID YEP dan UMSIDA, terimakasih semua support system-nya .. semoga bermanfaat. 



Tidak ada komentar: