Februari 11, 2015

Getok tular lewat video bisnis

Beberapa waktu lalu institusi tempatku mengajar - Politeknik SAKTI Surabaya (POLSAS) mencoba membuat video profilnya secara lebih profesional. Video tersebut akan menambah 'bekal' tim marketing dalam memasarkan produk-produk POLSAS di bidang pendidikan diploma 3 dan pelatihan.

Sebenarnya cukup ironi, di kalangan dunia usaha & dunia industri (DUDI) alumni POLSAS banyak dikenal, banyak yang terserap dan diakui kompetensinya, terutama dari dua prodi unggulan yaitu Teknik Elektro dan Teknik Mesin. Tetapi nama POLSAS belum banyak dikenal di kalangan sekolah, dan beberapa tahun terakhir jumlah penerimaan mahasiswa baru malah cenderung menurun. Banyak faktor, mungkin karena kurang gencar berpromosi, atau karena persaingan antar perguruan tinggi saat ini semakin ketat, baik dari PTN maupun PTS, atau karena faktor internal seperti pelayanan dan fasilitas yang mesti mendapat perhatian lebih serius.  Ya .. faktor internal memang tidak boleh diremehkan. Karena dari pengalaman, getok tular dari mahasiswa atau alumni yang puas selama kuliah di POLSAS, cukup efektif dalam mendongkrak perolehan mahasiswa baru.

Beberapa rekan dari praktisi industri, baik alumni yang sudah sukses berkarir atau berwirausaha maupun rekan dosen dari kalangan praktisi industri, memberikan semangat untuk terus membenahi fasilitas dan pelayanan serta berinovasi dalam strategi pemasarannya. Salah satu strategi pemasaran yang sekarang coba dilakukan adalah dengan membuat video profil secara profesional... semacam video bisnis gitulah. Video bisnis sebagai salah satu sarana promosi, cukup banyak diminati oleh perusahaan maupun institusi lainnya. Seperti banyak orang bilang, bahwa gambar lebih banyak 'bercerita' daripada sekedar tulisan atau orasi. Apalagi video dapat memadukan semua unsur, mulai audio, gambar atau visual, teks, dan lainnya.

Cukup banyak kelebihan atau manfaat dari pembuatan video bisnis, dibandingkan media promosi lainnya. Berikut salah satu kutipan artikel tentang kelebihan video bisnis dari http://giantleapstudio.com/news/manfaat-video-untuk-bisnis-anda : 
"Perpaduan unsur audio dan visual dari sebuah video produk, memudahkan marketer untuk mempersuasi calon konsumen agar tertarik untuk melakukan pembelian. Selain itu juga untuk mempermudah marketer untuk mempresentasikan keunggulan, cara kerja, serta fungsi-fungsi, dan keuntungan menarik dari sebuah jasa ataupun produk. ......., video merupakan sebuah konten yang paling efektif untuk menyampaikan pesan kepada konsumen. Kehadiran media sosial video seperti youtube, menunjukkan bahwa pengguna internet memiliki ketertarikan yang mendalam saat menonton video. Menurut Lauren Hill dalam situs Volusion, terdapat 3 manfaat video produk dalam bisnis, yaitu: menceritakan seluk beluk bisnis, menceritakan dan menggambarkan produk yang dijual dengan lebih demonstratif, dan menceritakan testimonial positif dari perusahaan."

Akhirnya...  lewat video profil tersebut, diharapkan dapat mendongkrak perolehan mahasiswa baru mendatang. Dan untuk lebih memperluas jangkauan promosi produk-produk POLSAS, versi singkat video tersebut sudah diunggah di youtube dengan alamat: https://www.youtube.com/watch?v=BkpzA05Kx8Q. Selamat menyaksikan ya..kunjungi juga websitenya di www.politekniksakti.ac.id




Tidak ada komentar: