Agustus 25, 2018

Ayo ikut tularkan virus kebaikan : Edukasi Anti Riba

"Riba Bukan Opsi" adalah judul booklet komik edukasi anti riba yang ditulis oleh Squ @pengenjadibaik (penulis komik Islami best seller "Pengen Jadi Baik"). Harganya hanya 5 ribu rupiah saja - sebagai ganti biaya cetak.

Proyek amal jariyah "Menuju 1 juta booklet untuk 1 juta keluarga muslim Indonesia bebas riba" tersebut patut di-apresiasi dan didukung. Ayo ikut sebarkan booklet tersebut dan amalkan 'isinya' !

Di dalamnya banyak dikupas segala fenomena terkait riba yang sering kita alami dan temui di sekitar kita. Problematika ekonomi umat dikupas dengan ringan, menarik, tapi padat dan bernas. Termasuk solusi-solusi praktis yang bisa ditempuh (dengan niat dan tekad yang kuat tentunya) untuk bisa bebas dari riba. Solusi-solusi tersebut antara lain konsep "nabung-bangun-stop" yang bisa diterapkan jika kita ingin memiliki rumah,  dan membentuk KOBAR (komunitas anti riba - dengan sistem ta'awun- penulis sudah mempraktekkan dengan mekanisme tertentu bersama komunitasnya dan alhamdulillah berhasil). Serta banyak hal praktis lainnya yang bukan tidak mungkin dipraktekkan untuk bisa bebas dari riba.

Sebagai nasehat untuk diri sendiri dan saudara2ku seiman .. setelah kita faham ilmunya (tentang hukum dan bahayanya riba - QS Al Baqarah : 278-279), maka tindak lanjut berikutnya adalah kita amalkan ilmu tersebut semampu kita (mampu yang sejujur-jujurnya, byk istighfar, bertaubat jika 'terlanjur terlibat' dan berupaya 'mentas' darinya) .. wallahu a'lam

nasehat lainnya - dikutip dari hal 23 dan 25 booklet tersebut :
  • "cukuplah bagimu Al Badzadzah (hidup sederhana), sebagaimana Nabi shallallahu alaihi wasallam bersabda "al badzadzah adalah sebagian dari iman (HR Ibnu Majah ; shahih)"
  • "barangsiapa yang niat (tujuan) hidupnya adalah negeri akhirat, Allah akan mengumpulkan urusannya, menjadikan kekayaan hatinya, dan dunia akan mendatanginya dalam keadaan hina (HR Ibnu Majah, Imam Ahmad dan lainnya; shahih)" 



Tidak ada komentar: