Juli 31, 2019

Klaim JHT sebelum masuk usia pensiun?

Bisa koq.. jika kita pindah tempat kerja, dan ingin mencairkan jaminan hari tua (JHT), gini caranya :

·       Siapkan semua dokumen yg diperlukan (wajib bawa yg asli + fotocopy) yaitu KTP, KK, kartu peserta BPJS TK (BPJS Ketenagakerjaan), kartu peserta jamsostek (yg lama), buku tabungan (dari no rekening yg aktif tentunya ya), dan surat pengantar dari tempat kerja asal. Karena kartu jamsostek-ku hilang, maka wajib ngurus surat kehilangan di kantor polisi (masa berlaku hanya 2 minggu), plus minta srt pengantar dari tempat kerja asal (untuk dibuatkan lgi kartu yg hilang tsb – formalitasnya sih gitu, tapi unt layanan klaim gak perlu nunggu kartu tsb jadi koq, jadi gak perlu riwa riwi). Oya siapkan juga materei 1 buah (6k).

·       Manfaatkan antrian online layanan klaim JHT BPJS TK di https://antrian.bpjsketenagakerjaan.go.id/ , isi no e-ktp, kpj (no kartu bpjs tk),  nama sesuai e-ktp, no hp, dan kita bisa pilih wilayah pelayanan, cabang pelayanan (kancab bpjs tk), tgl dan jam kedatangan.

·       Simpan hasil registrasi online-nya (screen shoot), dan tunjukkan pd petugas saat datang ke kantor bpjs tk yg sudah dipilih nantinya (usahakan datang 30 menit sebelum jam yg dipilih ya). Foto itu adalah no antrian yg dicetak oleh satpam setelah menunjukkan hasil registrasi online kita. Antrian online ini benar-benar bermanfaat, dan beneran diprioritaskan sesuai tgl dan jam yang kita pilih.. terbukti.. no fake :) Oya jika ingin mengganti tgl dan jam kedatangan atau membatalkan registrasi online juga bisa.
  
Waktu itu aku milih di bpjs tk sby rungkut, Alhamdulillah semua petugasnya ramah dan melayani dengan sigap, terutama bapak satpam nya yg sigap melayani dan memberikan informasi rinci serta arahan pd setiap tamu yg datang.

·       Setelah mengisi formulir tertentu dan semua kelengkapan dokumen kita dicek oleh petugas, serta menanda tangani beberapa formulir dan dokumen, kita akan diberikan informasi mengenai rincian saldo JHT kita, dan diinfokan perkiraan tanggal pencairannya (transfer dana JHT) – estimasi plg lambat 7 hari kerja.

·       Simpan kartu bpjs tk-nya (kartu jamsostek – kartu yg lama- diserahkan ke kantor BPJS TK), karena kartu tsb bisa dilanjutkan kepesertaannya di tempat kerja yg baru (hub sdm-nya ya).

Semoga bermanfaat..

Terimakasih banyak BPJS TK Sby Rungkut dan POLSAS.. barokallahu fiikum

Tidak ada komentar: